0

Faktor Penyebab Penyakit Kista Ovarium

Kista Ovarium memang termasuk salah satu penyakit yang sering ditakuti oleh sebagian wanita. Bagaimana tidak ? Kista Ovarium adalah sejenis tumor jinak yang terbungkus selaput semacam jaringan yang pada umumnya berada disekitar rahim dan kemaluan. Rahim yang harus dijaga untuk pertumbuhan janin ditumbuhi dengan tumor jinak, walaupun jinak tapi Kista Ovarium ini sangat berbahaya bagi ibu hamil. Bahaya dari Kista Ovarium pada kehamilan yakni dapat mengakibatkan gangguan pertumbuhan janin yang pada akhirnya mengakibatkan abortus, kematian dalam rahim.

penyebab kistaPada umumnya, di dalam setiap diri wanita pasti mempunyai kista. Namun ada yang berbahaya dan ada juga yang tidak, namun kista dapat menimbulkan masalah seperti pecah, pendarahan dan sakit yang sangat luar biasa. Setiap wanita memiliki dua ovarium yang menyimpan dan melepaskan telur. Ukuran nya masing-masing sebesar biji kenari. Ovarium terdapat pada kanan dan kiri rahim. Setiap bulan satu ovarium menghasilkan sel telur. Proses ini lah yang menyebabkan siklus menstruasi bulanan seorang wanita. Kista Ovarium biasanya menyerang wanita pada usia sekitar 20-30 tahun.

Adapun Penyebab Kista Ovarium pada umumnya terjadi pada wanita adalah sebagai berikut :

  • Faktor keturunan, jika nenek/ibu yang pernah mengalami kista cenderung keturunan nya pun akan mengalami hal yang sama
  • Siklus menstruasi yang tidak teratur dan hormon yang tidak seimbang
  • Peningkatan lemak pada tubuh bagian atas
  • Infertilitas
  • Mengalami mestruasi pada usia lebih muda (11 tahun kebawah)
  • Tamoxifen terapi untuk kanker payudara
  • Pengendalian kelahiran dengan menggunakan pil

kista ovarium

Ada juga 4 Faktor Penyebab Penyakit Kista Ovarium yaitu :

  1. Faktor Reproduksi, riwayat reproduksi terdahulu serta durasi dan jarak reproduksi memiliki dampak terbesar. Kemandulan, pertama kali menstruasi dini dan menopause yang terlambat meningkatkan perkembangan kista ovarium. Wanita Lajang, biarawati dan wanita nulipara yang tidak memiliki keturunan karena tidak diselingi dengan kehamilan dapat meningkatkan predisposisi wanita mengidap keganasan.
  1. Faktor Hormonal, jika seseorang menggunakan hormon eksogen pada terapi gejala menopause berhubungan dengan peningkatan resiko Kista Ovarium 1,5-2,0 kali lipat. Peningkatan berat badan juga dapat meningkatkan resiko Kista Ovarium.
  2. Faktor Genetik, riwayat keluarga sangat penting dalam memasukan apakah seorang wanita mengidap kista ovarium, resiko nya menjadi 4-5%. Jika dua anggota keluarga mengidap kista ovarium, resiko wanita ini meningkat menjadi 7%.
  3. Faktor Lingkungan, mengatur pola makan yang seimbang memang sangat diperlukan oleh sebagian wanita. Mengkonsumsi banyak daging dan sedikit sayuran dapat meningkatkan resiko kista ovarium. Sayuran memiliki efek yang sangat menguntungkan sementara mengkonsumsi tinggi daging dapat meningkatkan resiko wanita mengidap kista. Mengkonsumsi tembakau juga dapat meningkatkan kista terutama jenis tumor musinosa.

Demikianlah Faktor Penyebab Kista Ovarium yang wajib dikenali oleh semua wanita, agar tidak terlambat penanganan nya dan mendapat kan pengobatan yang cepat dan tepat. Obat Kista Manjur yang sekarang hadir dalam dalam Obat Jelly Gamat Gold G yang terbuat dari bahan-bahan alami tanpa menyebabkan efek samping apapun. Kenali penyebabnya lakukan segera pencegahan nya !

SEMOGA LEKAS SEMBUH

Risma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *