0

Gaya Hidup Penyebab Penyakit

Kesehatan diri sendiri merupakan salah satu hal yang harus diutamakan dan dijaga. Nikmat sehat memang tidak ada duanya, tidak akan ada yang menyangkal bahwa kesehatan menjadi sumber dari semua kebahagiaan. Percuma banyak uang, percuma banyak keluarga, percuma dekat dengan orang yang kita sayangi tapi kita tidak merasakan kesehatan yang maksimal. Tetapi sekarang banyak orang yang masih kurang sadar akan kesehatan nya, banyak orang yang menukar kesehatannya demi mencari kekayaan misalnya saja kerja tanpa henti, tanpa memperhatikan pola tidur yang cukup serta asupan gizi yang tidak sesuai dengan kebutuhan. Penyebab Penyakit Kista Ovarium

gaya hidup tidak sehat10Gaya hidup yang tidak sehat tentu akan memberikan pengaruh pada diri sendiri dimasa yang akan datang nanti, walaupun kita tidak dapat mengontrol keadaan tubuh selalu sehat karena kesehatan sesungguhnya hanya bisa diberikan oleh Tuhan. Walaupun begitu anda harus tetap menjaga kesehatan yang dimiliki agar tidak mudah sakit. Tanpa sehat hidup tidak akan berwarna. Di zaman yang serba modern ini sudah banyak orang-orang melakukan semua hal yang instan misalnya dalam menyampaikan bepergian, dulu orang-orang bepergian hanya mengandalkan jalan kaki saja tetapi sekarang sudah ada sepeda motor dan mobil. Tentunya hal ini dapat meringankan beban anda dan tentunya sangat nyaman. Padahal dengan teknologi yang serba instan itu dapat menjadi boomerang bagi anda kelak nanti karena tubuh tidak melakukan banyak aktivitas bergerak sehingga tubuh akan menjadi kaku dan tidak bugar. Berikut ini adalah pola hidup yang tidak sehat dan harus dihindari :

  • Junk Food

gaya hidup tidak sehat2Maraknya restoran cepat saji memang sedang banyak diminati, hal ini dikarenakan banyak orang yang menginginkan makanan serba instan, entah kesibukan ataupun karena malas masak sendiri. Dari namanya saja sudah junkfood yang berarti makanan sampah, sudah bisa ditebak junkfood mampu menyebabkan penyakit. Penyakit nya pun merupakan penyakit kronis seperti jantung, obesitas, stroke dan kolesterol tinggi, dll. Tentunya akan terasa di suatu hari nanti.

  • Jarang Berolahraga

gaya hidup tidak sehat4Dizaman yang serba instan ini, membuat banyak orang menjadi pemalas. Apa saja ingin mudah dan tidak ingin lelah, begitupun dengan olahraga. Olahraga menjadi suatu kegiatan yang jarang dilakukan dikarenakan tidak ada waktu, kelelahan karena bekerja, ataupun alasan lainnya. Seharusnya tubuh dibiasakan untuk olahraga rutin karena olahraga tidak akan menyebabkan badan menjadi lelah namun badan akan terasa segar dan bugar. Olahraga juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan salah satunya yaitu dapat mengembalikan fungsi normal paru-paru dan mengurangi resiko penyakit jantung dan obesitas.

  • Kurangnya Istirahat

gaya hidup tidak sehat3Pekerjaan yang menumpuk dari pagi sampai sore, belum ditambah lembur sampai malam dan mengurusi pekerjaan untuk esok harinya membuat anda kurang beristirahat. Tidur cukup termasuk pola hidup yang sehat, karena dengan tidur dapat mengembangkan fungsi sel tubuh, mempertahankan keseimbangan tubuh, serta membantu proses metabolisme tubuh. Namun jangan tidur berlebihan juga ya karena itu juga tidak baik.

  • Stress

gaya hidup tidak sehat5Banyaknya masalah dilingkungan sekitar, perkerjaan yang tak kunjung selesai, memikirkan masalah yang sulit diatasi memang kerap menimbulkan stress. Stress disini biasanya karena terlalu banyaknya beban pikiran sehingga otak perlu penyegaran, stress menjadi pola hidup yang tidak sehat karena dapat menyebabkan tekanan psikis, gangguan jantung, pembuluh darah dan gangguan tidur.

  • Seks Bebas

gaya hidup tidak sehat7Kebanyakan orang berzina/melakukan seks bebas hanya demi kesenangan saja. Padahal dibalik kesenangan yang hanya dirasakan pada saat itu, seks bebas mampu menyebabkan berbagai macam penyakit yang akan muncul suatu saat nanti misalnya saja kanker genatalia, HIV/AIDS dan penyakit yang berbahaya lain nya.

  • Makanan Kemasan, Pengawet dan Pewarna Berbahaya

gaya hidup tidak sehat8Makanan berkemasan memang sangat mudah ditemukan di pasar atau toko swalayan. Namun tahukah anda makanan kemasan biasanya mengandung berbagai zat kimia buatan dan tentunya berbahaya bagi kesehatan. Tubuh manusia sendiri membutuhkan makanan yang mengandung banyak vitamin, mineral, nutrisi, karbohidrat, protein,dll , sedangkan pada makanan kemasan tidak sama sekali mengandung zat yang sehat dan diperlukan tubuh.

  • Kebiasaan Buruk

gaya hidup tidak sehat9Kebiasaan buruk ini dapat memicu penyakit berbahaya misalnya saja dengan mengkonsumsi alkohol, merokok dan obat-obatan terlarang. Ketika anda merokok dapat menyebabkan sekurang-kurangnya 15 jenis kanker, seperti kanker rongga hidung, rongga mulut, paru-paru, prankeas, dll. Sedangkan untuk yang sering mengkonsumsi alkohol dapat menyebabkan kanker mulut, payudara dan hati. Penyebab Kista Ovarium

Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika dan beberapa engara lain nya menyebutkan 1/3 kematian akibat kanker disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat dan kurangnya aktivitas tubuh. Untuk itu perbanyak olahraga, menjaga pola makan, hindari makanan yang mengandung bahan pengawet dan perwarna kimia,  istirahat yang cukup, hindari stress, tidak merokok, alkohol dan terakhir say no to drugs. Kesehatan menjadi hal yang utama, karena dengan kesehatan anda dapat menikmati kebersamaan dengan orang-orang yang anda sayangi. SEMOGA BERMANFAAT

GAYA HIDUP PENYEBAB PENYAKIT

Risma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *