0

Merokok Sumber dari Berbagai Penyebab Penyakit

Rokok merupakan silinder kertas berukuran panjang antara 70-120mm dengan diameter sekitar 10 mm yang di dalam nya terdapat daun-daun tembakau yang telah dicacah, sedangkan Merokok merupakan aktivitas membakar ujung rokok lalu dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung lain nya. Bahaya merokok memang sudah diketahui oleh semua orang karena memang dicantumkan pada setiap kemasan nya. Pesan yang dicantumkan pada kemasan nya itu memang bukan untuk menakuti saja tapi hal ini memang lah nyata, banyak orang-orang yang telah menerima dampak secara langsung dari bahaya rokok. Dalam satu batang rokok mengandung 4000 senyawa kimia yang diantaranya terdapat racun (toksik) atau karsinogenik (zat yang dapat memicu kanker).

Zat yang Terdapat di Dalam Rokok

  1. bahaya merokokNikotin, nikotin ini yang menyebabkan seseorang kecanduan sehingga tidak bisa menghentikan kebiasaan merokok. Selain itu nikotin juga dapat menyebabkan darah cepat membeku dan mengerasnya dinding arteri.
  2. Tar, tar ini semacam dasar pembuatan aspal. Bisa anda bayangkan jika bahan pembuatan aspal harus masuk ke dalam tubuh ? yaps betul sekali, hal ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan iritasi pada tubuh bahkan kanker. Pengaruhnya dapat membunuh sel dalam saluran darah, meningkatkan produksi lendir paru-paru, dan menyebabkan kanker paru-paru.
  3. Karbon monoksida, CO ini merupakan senyawa yang dapat mengikat oksigen di dalam tubuh dan menyebabkan seseorang mengalami penyakit jantung, dapat mengikat hemoglobin sehingga tubuh kekurangan oksigen, menghalangi transportasi dalam darah.
  4. Zat karsinogen, sama hal nya seperti zat berbahaya lain nya yakni dapat menyebabkan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.
  5. Zat iritan, zat ini dapat menyebabkan saluran udara dan kantung udara dalam paru-paru sehingga menyebabkan batuk.
  6. dan masih banyak lagi.

Merokok bukan hanya dapat membahayakan si perokok nya saja melainkan juga lebih membahayakan bagi yang menghirup udara yang dikeluarkan oleh si perokok Terlebih bahaya bagi ibu hamil jika merokok ataupun menjadi perokok pasif yakni keguguran pada janin, kematian janin, pendarahan plasenta, berat badan janin berkurang, bayi lahir prematur, mengalami gangguan pernafasan, terganggunya perkembangan anak, bisa meningkatkan resiko leukimia, resiko kanker otak, dll.

Penyakit yang Muncul Akibat Merokok

bahaya merokok1

  1. Kanker Paru-ParuSekitar hampir 90% kasus kanker paru-paru memang sering diakibatkan karena rokok. Hal ini karena asap rokok akan masuk secara inhalasi ke dalam paru-paru. Zat yang terdapat dalam rokok dapat merangsang sel di paru-paru sehingga menjadi abnormal.
  2. Kanker Kandung KemihBeberapa penelitian studi menemukan kadar tinggi dari senyawa 2-napnthylamine dalam rokok menjadi karsinogen yang akan mengarah pada kanker kandung kemih.
  3. Kanker PayudaraPerempuan yang mulai merokok pada usia 20 tahun dan 5 tahun sebelum ia hamil pertama kali berisiko lebih besar terkena penyakit kanker payudara.
  4. Kanker ServiksDiantara semua pasien kanker serviks 30% diantara nya meninggal yang disebabkan oleh merokok. Perempuan merokok lebih rentan terkena infeksi oleh virus menular seksual. Baca juga Penyebab Penyakit Kista Ovarium
  5. Kanker KerongkonganRokok dapat merusak DNA dari sel-sel esofagus yang menyebabkan kanker kerongkongan.
  6. Kanker GinjalZat yang berbahaya dari rokok jika amsuk ke dalam tubu dan terhirup dapat merusak sel-sel ginjal dan memicu kanker ginjal
  7. Kanker MulutPerokok 6x lebih beresiko mengalami kanker mulut dibandingkan dengan orang yang tidak merokok, dan orang yang merokok tanpa asap berisiko 50 kali lipat lebih besar.
  8. Serangan JantungNikotin dalam asap rokok menyebabkan jantung bekerja lebih cepat dan meningkatkan tekanan darah. Jika jantung bekerja terlalu kerasa ditambah tekanan darah yang tinggi, maka dapat menyebabkan serangan jantung mendadak.
  9. Jantung KoronerSebagian besar penyebab jantung koroner yakni karena rokok dan kondisi ini akan diperburuk jika memiliki penyakit diabetes melitus.
  10. ImpotensiImpotensi atau disfungsi ereksi pada pria usia 30-40 tahun disebabkan oleh rokok. Karena merokok dapat merusak pembuluh darah, mengurangi aliran darah dan tekanan darah ke penis.
  11. Penyakit Berbahaya Lain nyaSeperti : Kanker pencernaan, kanker tenggorokan, darah tinggi, gangguan kesuburan, asma, radang saluran pernafasan, hilangnya penglihatan secara bertahap, katarak, noda pada gigi dan gusi, sariawan usus, serta dapat merusak penampilan.

bahaya merokok2Bagaimana sangat berbahaya bagi kesehatan bukan ? Menghentikan kebiasaan merokok memang harus di lakukan dari sejak kecil, karena memang sekarang banyak sekali para remaja bahkan anak-anak telah mengenal rokok. Apalagi para pelajar baik putra maupun putri yang masih mengandalkan uang saku kepada orang tua telah merokok memang menjadi hal yang sangat memprihantinkan bisa dirugikan baik secara financial maupun kesehatan. Perlu pengawasan yang sangat ketat memang dari orang tua dan orang dewasa yang berada disekitarnya. Demikian yang bisa saya sampaikan mengenai MEROKOK SUMBER PENYEBAB PENYAKIT, semoga bermanfaat dan mohon maaf jika terdapat kata-kata yang kurang berkenan. LEBIH BAIK MENCEGAH DARIPADA MENGOBATI. Salam Sehat dari Penyebab Penyakit Kista Ovarium 🙂

SEMOGA LEKAS SEMBUH

Risma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *