0

Penyakit Kista dan Kehamilan

Banyak orang yang beranggapan penyakit kista dapat menyebabkan seorang wanita sulit hamil. Sebaiknya mitos/anggapan seperti itu segera dihilangkan, nyatanya kista pada ovarium yang bersifat jinak dan berukuran kecil tidak berpengaruh sama sekali pada kesuburan dan kehamilan. Yang membahayakan yakni jika kista tumbuh dengan abnormal yakni berukuran besar. Penyebab Penyakit Kista

Hubungan Kista dan Kehamilan

kista dan kehamilan2

  • Kista Ovarium
    Penderita kista ovarium sebaiknya tidak perlu khawatir karena kista ovarium tidak dapat mempengaruhi kesuburan anda sehingga tidak menyebabkan seorang wanita susah hamil. Namun hal ini juga tidak boleh disepelekan karena kista yang berukurang 6-8 cm dapat mengganggu kehamilan karena ditakutkan kista akan berkembang dan tumbuh batang yang memutar dan pecah dan menyebabkan sakit yang luar biasa.
  • Kista Endometriosis
    Kista merupakan penyakit neoplasma sedangkan endometriosis merupakan kelenjar yang berada di dinding rahim yang bersifat tidak normal dan berkembang di luar rahim. Kista jenis ini dapat menghambat kesuburan dan sulit hamil. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang mengungkapkan 40% wanita sulit hamil karena penyakit endometriosis di rahim nya.

Pada dasarnya kista tidak dapat mengganggu kehamilan. Namun anda harus tetap mewaspadai dan melakukan pencegahan sejak dini agar perkembangan dan pertumbuhan kista dapat diminimalisir. Namun kemungkinan kista neoplasma yang ganas dapat berkembang menjadi kanker ovarium jadi jangan diabaikan.

== SEMOGA BERMANFAAT ==

| KISTA DAN KEHAMILAN

Risma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *