0

Penyebab Haid Tidak Teratur

penyebab haid yang tidak teratur1Penyebab Kista Ovarium,- Menstruasi merupakan perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi biasanya terjadi setiap bulan pada wanita. Tidak semua wanita memiliki siklus haid yang sama. Haid bisa disebut juga sebagai proses pembersihan rahim terhadap pembuluh darah, kelenjar-kelenjar dan sel yang tidak terpakai. Normalnya seorang perempuan pertama kali haid yakni pada usia 12-13 tahun, tetapi ada sebagian perempuan juga yang mengalami haid lebih awal yakni pada usia 8 tahun dan lebih lambat mencapai 18 tahun. Biasanya haid akan berhenti pada usia 40-50 tahun yang dinamakan dengan menopause. Biasanya haid yang teratur itu adalah 28 hari, teteapi dapat bervariasi dari 21-35 hari, awal dari siklus maju atau mundur 1-3 hari adalah biasa. Dan pendarahan menstruasi umumnya berlangsung selama 5-7 hari. Dari hasil pengamatan, hanya sedikit yang haid nya itu teratur dan lebih banyak yang muncul sesuka hati. Namun sebenarnya itu masih dianggap normal karena sampai usia 21 tahun hormon seks wanita biasanya belum stabil.

Menstruasi /haid / datang bulan yang tidak teratur merupakan suatu kondisi dimana terjadinya ketidak seimbangan hormon reproduksi wanita(hormon estrogen dan progesteron) yan merupakan hormon yang mengatur kapan pembentukan sel telur pada indung telur , kapan pelepasan sel telur dan kapan menstruasi (luruhnya dinding rahim akibat tidak adanya pembuahan sel telur). Banyak yang mengatakan jika haid tidak teratur itu merupakan suatu gejala dari kemandulan ? Namun pernyataan itu adalah hanyalah mitos saja. Karena kesuburan seorang wanita tidak dilihat dari siklus menstruasi nya saja tapi dipengaruhi juga oleh beberapa faktor psikologis seperti stress, kecapean, dll.

Penyebab Haid Tidak Teratur

penyebab haid yang tidak teraturAdapun penyebab haid menjadi tidak teratur yakni disebabkan oleh beberapa faktor dibawah ini :

  1. Gaya Hidup, gaya hidup tertentu dapat mengganggu siklus menstruasi seperti :
    • Stress, menjadi penyebab yang paling umum menstruasi tidak teratur. Stress bisa terjadi karena terlalu banyak pekerjaan, tekanan dari orang-orang terdekat, ataupun yang lain nya. Jika anda dalam keadaan sedang stress, kelenjar adrenal mengeluarkan hormon kortisol yang dapat berdapampak pada hormon estrogen dan progesteron.
    • Berat badan yang ekstrim, berat badan yang rendah dan obesitas dapat memicu terjadi nya menstruasi yang tidak teratur. Hal ini dapat terjadi karena otak tidak dapat memicu hormon-hormon yang tepat untuk perkembangan folikel yang diperlukan untuk membuat estrogen.
    • Menyusui, banyak dari ibu yang sedang menyusui mengalami ketidak aturan menstruasi sampai berakhirnya masa menyusui.
    • Pil Kontrasepsi, biasanya pil kontrasepsi akan menyebabkan menstruasi yang tidak teratur.
    • Pola Hidup yang tidak sehat, seperti merokok, obat-obatan dan kafein dapat memicu ketidak aturan nya siklus menstruasi.
  2. Kondisi Kesehatan yang tidak baik, keterlambatan/tidak teraturnya siklus haid bisa juga merupakan suatu gejala dari penyakit tertentu, seperti :
    • Sindrom Ovarium Polikistik (SOPK), dapat terjadi karena adanya kista yang berkembang di dalam ovarium yang dapat menyebabkan meningkatnya estrogen yang tinggi tetapi tidak melepaskan sel telur dan menyebabkan haid yang tidak teraturan. Penyebab Kista Ovarium
    • Ketidakseimbangan nya hormon yang berkaitan dengan perimenopause, perimenopause merupakan periode transisi hormonal sebelum menopause. Ketidak aturan menstruasi sebelum masuk ke dalam masa menopause disebabkan oleh ketidakseimbangan nya hormon progesteron yang membuat menstruasi lebih lama atau lebih pendek.
    • Ketidakseimbangan hormon androgen
    • Gangguan tiroid, fungsi tiroid adalah menghubungkan semua hormon di dalam tubuh. Maka jika terjadi gangguan pada tiroid dapat mengakibatkan gejala seperti menstruasi yang tidak teratur, kelelahan, dan depresi.
    • Kegagalan ovarium prematur
    • Kelainan pada rahim, seperti : fibroid, kista, polip, endometriosis, iritasi pada usus, TBC, penyakit hati dan diabetes.

Untuk mencegah tidak teraturnya haid maka yang perlu dilakukan adalah kurangi stress, menjaga kondisi kesehatan tubuh dengan olahraga ringan, refreshing sejenak dari rutinitas yang padat, konsumsi makanan yang mengandung banyak serat dan masih banyak lagi. Konsultasikan segera ke dokter jika anda mengalami gejala haid yang tidak seperti biasanya. SEMOGA BERMANFAAT

PENYEBAB HAID TIDAK TERATUR

Risma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *