0

Penyebab Penyakit Kanker Rahim

Penyebab Penyakit Kanker Rahim Kanker rahim atau yang bisa disebut juga dengan kanker serviks merupakan sejenis kankerĀ  yang sekitar 99% disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV) onkogenik, yang menyerang leher rahim. Biasanya penyakit ini diawali dengan terjadinya pendarahan di sekitar mrs. V. Penyakit yang pernah diderita oleh artis papan atas Julia Perez ini menempati peringkat teratasĀ  penyebab penyakit karena kanker pada perempuan di dunia. Di Indonesia sendiri, hampir terdapat 15.000 kasus kanker serviks yang terjadi setiap tahun nya. Dan sekitar 8.000 kasus diantara nya berakhir dengan kematian. Menurut WHO, Indonesia menduduki peringkat teratas dengan jumlah penderita kanker serviks tertinggi di dunia.

Sangat menakjubkan bukan ? Untuk dapat melakukan pencegahan dan menghindari kanker serviks terjadi, ada baiknya kita ketahui apa yang menjadi penyebab penyakit kanker serviks sehingga banyak menyerang perempuan Indonesia. Baca Juga Penyebab Kista Ovarium

Penyebab Penyakit Kanker Rahim

  • Infeksi Virus Human Papilloma

Human Papilloma Virus (HPV) ini merupakan penyebab utama penyakit kanker serviks yang dapat menular melalui hubungan seksual. Seorang wanita dapat terinfeksi virus ini pada usia belasan tahun dan baru akan terdeteksi ketika umur 20 sampai dengan 30 tahun kemudian setelah menyebar.

  • Melakukan Hubungan Seksual Sebelum 20 Tahun

Melakukan hubungan seksual dibawah umur memang sedang marak terjadi akibat pergaulan bebas, hal ini tentu akan membahayakan si anak tersebut karena pada umur 12-20 tahun terutama untuk wanita organ reproduksi nya sedang aktif berkembang. Seharusnya ketika sel sedang membelah secara aktif, tidak terjadi kontak atau rangsangan apapun dari luar seperti penis dan sperma. Bila organ reproduksi nya sering mendapat rangsangan dari luar maka akan menyebabkan sel menjadi tidak normal yang kemungkinan akan bertambah banyak dan menyebabkan kanker rahim.

  • Sabun Pembersih Vagina

Sekarang maraknya beredar sabun pembersih vagina dalam berbagai macam merk. Namun anda harus tetap berhati-hati, tidak semua merk sabun pembersih vagina itu aman, beberapa jenis sabun vagina dapat menimbulkan efek iritasi pada organ intim yang bila dibiarkan akan berkembang menjadi kanker. Sebaiknya pilih sabun pembersih vagina yang mengandung pH alami dan seimbang.

  • Nikotin

penyebab kanker serviks2Wanita yang memiliki kebiasaan hidup yang buruk salah satunya aktif merokok memang memiliki resiko yang sangat tinggi terkena kanker serviks dibandingkan dengan wanita bukan perokok. Mengapa demikian ? Kandungan nikotin dalam rokok dapat mempermudah semua selaput lendir di dalam sel tubuh untuk bereaksi dan terangsang, terutama pada selaput lendir pada tenggorokan, paru-paru dan leher rahim. Semakin banyak nikotin yang dihisap, maka peluang untuk merusak organ tubuh akan semakin besar terutama gangguan pada janin dan muncul nya kanker pada rahim.

  • Menaburi Bedak pada Organ Intim

Sebaiknya kebiasaan menaburkan bedak pada mrs.V harus segera dihentikan, karena akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan organ intim. Bukan nya dapat menjaga kelembutan dan kelembaban kulit justru bedak yang tidak sesuai akan mendatangkan resiko kanker pada organ intim. Lebih baik hentikan kebiasaan tersebut yahh…

  • Kesalahan Diet Rendah Lemak

Melakukan diet sah-sah saja kok, asal harus sesuai dengan aturan yah. Lemak yang terdapat di dalam berbagai jenis makanan banyak mengandung lemak jenuh dan kalori tinggi yang dapat meningkatkan hormon esterogen, jika tubuh menyimpan lemak yang banyak dan mempengaruhi hormon tersebut maka akan berubah menjadi sel kanker yang menyerang rahim. Kanker serviks ini tidak hanya dipicu oleh virus/bakteri/jamur saja bisa juga disebabkan oleh pola hidup, pola makan dan diet yang tidak sesuai dengan aturan.

  • Kurangnya Asupan Vitamin dan Zat Gizi Penting

Mengatur pola hidup dan pola makan yang sehat memang lah sangat penting. Karena kandungan gizi yang lengkap tentunya akan membuat badan kita sehat. Vitamin yang sangat diperlukan tubuh salah satunya adalah vitamin C, seseorang yang kekurangan vitamin C akan rentan sekali terserang penyakit. Karena vitamin C mengandung asam folat dan beta karoten yang sangat baik untuk memperbaiki dan memperkuat mukosa dalam leher rahim. Jadi jangan malas untuk makan buah-buahan dan sayuran ya sist.

Biasanya gejala umum yang sering terjadi pada penderita kanker serviks yaitu pendarahan di sekitar vagina, haid yang lebih berat dari biasanya, keputihan berair/berdarah, nyeri ketika sedang berhubungan seksual, dll. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda dalam melakukan pencegahan kanker serviks/kanker rahim dengan mengetahui penyebab dan gejala penyakit kanker rahim. SEMOGA BERMANFAAT

PENYEBAB PENYAKIT KANKER RAHIM

Risma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *