0

Penyebab Penyakit Kista pada Remaja

Penyakit Kista Ovarium ternyata tidak hanya menyerang orang yang telah hamil/menikah saja loh, penyakit kista dapat menyerang wanita siapa saja termasuk para remaja. Akhir-akhir ini banyak sekali remaja yang mengidap penyakit kista. Nah, apa saja penyebab penyakit kista pada remaja ? Bagaimana cara mengatasinya ? berikut ini ulasannya :

Penyebab Penyakit Kista Banyak Menyerang Kalangan Remaja

kista pada remaja2Kista Ovarium berbentuk kantung kecil berisi cairan yang berkembang dalam ovarium wanita. Walaupun kebanyakan kista yang dialami wanita tidak berbahaya namun harus tetap diwaspadai karena kista dapat menyebabkan beberapa masalah seperti nyeri haid, kista pecah, pendarahan, hingga penyakit serius seperti kanker dan gangguan kehamilan.

Baca juga : Penyebab Penyakit Kanker Rahim

Penyakit ini dapat menyerang mereka yang masih remaja karena telah mengalami pubertas. Penyebab utama nya yakni karena gangguan siklus menstruasi. Kista dibadi menjadi 2 bagian yaitu kista fungsional dan kista sel abnormal.  Kista fungsional sering terjadi akibat gangguan siklus menstruasi, sedangkan pada kista sel abnormal pertumbuhan kista terjadi akibat sel yang tumbuh secara tidak normal dan sering dialami wanita di bawah usia 40 tahun.

Gejalanya dari Kista Ovarium yaitu :

  • Perubahan siklus menstruasi
  • Nyeri pada perut
  • Mual dan muntah
  • Sering buang air kecil
  • Gangguan buang air besar
  • Nyeri pada panggul, dll

Menurut sebuah studi yang pernah dilakukan penggunaan kontrasepsi oral (pil KB) dapat menurunkan resiko terkena kista ovarium, karena dapat mencegah ovarium memproduksi telur. Kista yang telah berukuran besar dan menetap selama berbulan-bulan biasanya diperlukan pengangkatan. Selain itu pengangkatan kista ovarium dapat meminimalisir resiko kanker ovarium.

Baca juga : Pengaruh Kista pada Kehamilan

Selain karena gangguan siklus menstruasi, tayangan visual yang tidak terkontrol juga dapat mempercepat proses pematangan hormon sehingga banyak anak yang mengalami pubertas sebelum waktunya. Misalnya saja menonton film horor di televisi bisa menyerang kenaikan emosi, takut dan cemas, bila anak-anak sering merasakan hal tersebut maka akan memicu banyak penyakit.

Pola makan yang mengandung banyak bahan yang menjadi resido dan aktivitas fisik yang rendah turut berperan dalam menyebabkan kista banyak dialami oleh para remaja. Demikianlah penyebab penyakit kista pada remaja, semoga dapat menambah wawasan anda. SEMOGA BERMANFAAT

Risma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *